Blitar

Cilot Mbah Ran Pakel Asli Kabupaten Blitar, Ada Sejak Tahun 1992

  • Senin, 2 Oktober 2023 | 22:18
Cilot Legendaris Mbah Ran yang berada di Dusun Pakel, Desa Banggle, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar

Blitar, koranmemo.co - Selain obyek wisata Makam Bung Karno dan Candi Penataran yang selalu ramai akan pengunjung, Blitar juga menawarkan berbagai kuliner legendaris yang sangat menggugah selera. Salah satunya adalah Cilot Mbah Ran Pakel. Cilot ini ternyata sudah ada sejak tahun 1992.

Dulunya Mbah Ren berjualan memakai rombong yang dibonceng sepeda onthel keliling dari sekolah ke sekolah, setelah itu baru dari kampung ke kampung.

Seiring berjalannya waktu, sekarang Cilot Mbah Ren tidak lagi dijual cilot menggunakan sepeda onthel, melainkan membuka kios di depan rumahnya, yang berlokasi di Dusun Pakel, Desa Banggle, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Jelang Pelaksanaan Pilkades, Kapolres Trenggalek Instruksikan Anggotanya Bersikap Netral

Cilot sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung tapioka yang dicolok dengan tusuk sate. Cilot disini disuguhkan hanya dengan sambel racilan khusis dari penjual, yang menambah cita rasa manis, gurih dan pedas menjadikan lebih nikmat citarasa cilotnya.

Cilot Mbah Ran ini dalam satu hari mampu menghabiskan 30 kilogram tepung untuk membuat cilot. Omsetnya pun tak main-main,bisa tembus kisaran Rp 20 -30 jutaan per bulan.

Untuk harga satu porsi cilot disini mulai dari harga Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Mengikuti perkembangan zaman, Cilot Mbah Ran ini sekarang juga bisa dipesan lewar aplikasi online.

 

Reporter: Dio Alif Utama Veri Pradana

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya